TUKANG LADU BARU, SEMANGAT BARU

Kelompok Tani Desa Waturoyo yang tergabung dalam Kridho Kismo I hari ini, Rabu tanggal 27 Januari 2021 mengadakan pemilihan orang yang menangani masalah irigasi atau tukang ladu dari bendungan Dono Tirto yang terletak di desa waturoyo turut dukuh Pejaten.  menurut para petani di wilayah sawah sogleng lor dan sogleng kidul Tukang ladu yang dulu dinilai kurang kooperatif, maka sebaiknya diganti saja kata salah seorang petani. Atas dasar itulah, Pemerintah desa waturoyo mengadakan pemilihan tukang ladu di wilayah sawah sogleng lor dan kidul.

Acara pemilihan tukang ladu dihadiri oleh para petani di wilayah sawah sogleng lor dan kidul, turut hadir juga ketua Gapoktan dan Ketua P3A yang juga memiliki lahan sawah di wilayah sogleng lor dan kidul. juga turut hadir PPL Kecamatan Margoyoso.

Dalam pemilihan tukang ladu ini hanya satu nama yang muncul dari para petani. Yaitu bapak Utomo (puger) warga RT. 001 RW. 002 yang juga memiliki lahan lelangan dari sawah bondo deso. dengan demikian Kepala Desa berhak menetapkan bapak Utomo sebagai tukang ladu di wilayah sawah Sogleng lor dan Sogleng Kidul.

Kepala Desa berpesan kepada tukang Ladu terpilih untuk dapat menjalankan tugas secara adil dalam hal pembagian air terlebih di musim kemarau, karena biasanya pada musim kemarau para petani sering berselisih tentang air.  dan juga untuk merawat dan membersihkan  seluruh  aliran irigasi yang dilewati air untuk mengairi sawah para petani

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan